Struktur Bawah itu apa?

struktur bawah

struktur bawah

Apa yang dimaksud dengan struktur bawah?

Stuktur bawah adalah seluruh bagian struktur gedung atau bangunan yang berada di bawah permukaan tanah. Jadi apapun itu jika letaknya di bawah permukaan tanah maka dinamakan struktur bawah. Apakah itu besmen, pondasi, sloof, kolom, dan sebagainya. (Desain pondasi tahan gempa, ITS Press)

Struktur bawah mempunyai peranan yang sangat penting bagi sebuah sistem struktur. Struktur bawah memikul beban-beban dari struktur di atasnya sehingga struktur bawah tidak boleh runtuh terlebih dahulu dari struktur atas. Ibarat manusia, kaki adalah struktur bawahnya. Jika kaki tersebut patah (runtuh) maka orang tersebut akan sulit untuk berdiri.

Pondasi adalah bagian terbawah (struktur bawah) dari suatu konstruksi baik itu gedung, jembatan, jalan raya, dinding penahan tanah, menara, tanggul dsb. Pondasi berfungsi menahan beban vertikal dan horizontal akibat bangunan di atasnya.

Perencanaan struktur bawah mutlak diperlukan sangat hati-hati mengingat pentingnya bagian tersebut. Jika struktur bawah runtuh makan bangunan yang kokoh diatasnya juga akan runtuh (sia-sia).

Bagaimana jika pondasinya berada di permukaan tanah, bukan di bawah. Seperti pada pondasi rumah panggung jaman dahulu (umpak) seperti gambar berikut?

pondasi umpak

pondasi umpak

Ini sepertinya bisa mengacaukan definisi dari struktur bawah. Sebaiknya definisi di atas kita revisi saja. Hehe

Struktur bawah tidak selalu berada di bawah permukaan tanah.

Silakan tulis komentar Anda di bawah ini:

About afret nobel